:::: SELAMAT DATANG DI BLOG KAK DIDIK SETIAWAN ::::

Belajar Ngeblog SMK N Ngambon oleh Blogger Bojonegoro

RTS SMK N Ngambon
Salam Blogger Bojonegoro, Blogger Road to School kali ini akan singgah di sebuah sekolah menengah kejuruan yang berada di kecamatan Ngambon yang katanya daerah jauh dari perkotaan yaitu SMK Negeri Ngambon. Meskipun jauh dari kota namun semangat dari siswa-siswi SMK tak akan pernah patah arang. Pagi itu Kamis 19 Desember 2013 suasana yang dingin dan mendung menyelimuti daerah sekitar kecamatan Ngambon. Meskipun cuaca redup pagi-pagi sekali beberapa guru (bapak Gunawan, Siti Amiroh, Didik Purnomo, Didik Setiawan, dan Nana Karviana) serta teman-teman dari OSIS (Anjaz Raju dkk) saling gotong-royong mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang akan digunakan untuk acara tersebut. Sekitar pukul 08.15 rombongan teman-teman Blogger Bojonegoro tiba di SMK Negeri Ngambon antara lain Rifaun Naim, Aryv Kurniawan, Chairul Fadheli dan Nova W. “Wah perjalanan yang sangat eksotis, layaknya touring kepegunungan (sambil tertawa terbahak), kata salah satu anggota Blogger Bojonegoro.


Serah Terima Piagam dari SMKN Ngambon
ke Blogger Bojonegoro
Pukul 08.30 pun acara dimulai, meskipun terdengar suara gemeris diluar ruangan dan sorak siswa-siswi yang mengikuti acara classmeet pertandingan bola voli, acara dalam ruangan pun juga tidak kalah menariknya. Pembawa acara pun memberi salam hangat pagi itu dengan membacakan susunan acaranya. Sambutan dari pihak SMK negeri Ngambon yang di wakili oleh Waka Kurikulum yaitu Bapak Luhur  Budi A,S.Pd menyampaikan terima aksih atas kesediannya teman-teman blogger Bojonegoro yang sudah datang untuk memberi atau membagi ilmu dan pengetahuan dibidang IT khususnya Weblog. Yang mana harapan beliau supaya lebih memotivasi anak-anak untuk senantiasa mengembangkan ilmu dengan internet sehat. Setelah itu acara penyerahan piagam penghargaan dari pihak SMK Negeri Ngambon kepada Komunitas Blogger Bojonegoro yang diwakili Sdr. Rifaun Naim dan begitu juga piagam dari Komunitas Blogger Bojonegoro kepada pihak SMK Negeri Ngambon.

Chaerul Fadheli Pemateri Internet Sehat
Acara pun dilanjutkan dengan acara inti yaitu pemateri yang pertama disajikan oleh Sdr. Chaerul Fadli yang menjabat sebagai wakil ketua komunitas blogger bojonegoro yang baru dengan materi Internet Sehat. Sekitar 40 peserta pelatihan yang terdiri dari beberapa guru, murid dan anggota OSIS pun antusias memperhatikan materi yang disampaikan. Secara garis besar Internet Sehat mengupas tentang bagaimana kita menanamkan dan mengaplikasikan serta berilaku yang positif dalam menggunakan media sosial dan lainnya, karena meskipun kita diberi kebebasan mutlak dalam dunia maya tetapi ada aturan dan kaidah yang mengaturnya dalam UU ITE. Kebanyakan dewasa ini belum banyak memahami bagaimana internet positif itu. Untuk menghangatkan suasana yang dingin pemateri memberikan sedikit candaan dan ada kuisnya juga, pertama kuis live tweet dan tiru bentuk huruf. Pokoknya serulah sesi pemberian materi tersebut, banyak pertanyaan dari peserta yang ingin tahu lebih tentang dunia ngeblog.

Rifaun Naim Pemateri Weblog
Tibalah acara selanjutnya  yaitu bagaimana cara membuat Weblog, desain dan postingannya. Untuk kali ini pematerinya akan dibawakan oleh Sdr. Rifaun Naim yang menjabat sebagai ketua Relawan TIK kabupaten Bojonegoro. Dengan senyum dan candaan yang khas Mas Fauns sapaannya memberikan bagaimana cara membuat blog tersebut, Blog merupakan media sosial yang mana sebagai identitas pada diri kita untuk mengekpresikan pendapat kita melalui tulisan yang positif dan bermanfaat bagi umum yang membutuhkan. Pertama dari pembuatan email dahulu serta pemberian template blog yang sudah disediakan oleh mas Fauns. Dari sekian peserta kebanyakan bertanya bagaimana cara mendesain blog yang baik dan menarik ? dan bagaimana juga meningkatkan rating blog kita. Dari tulisan kita dapat berbagi dan dari tulisan ini kita dapat sesuatu yang bernilai bagi kita. Waktu sudah menunjukkan pukul 12.30 dan akhirnya pelatihan pembuatan blog selesai. Sebelum itu sesi jeprat-jepret pun tidak ketinggalan.

1 komentar:

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com