:::: SELAMAT DATANG DI BLOG KAK DIDIK SETIAWAN ::::

Pakan Alternatif Urun Rembug Bulan Oktober

Urun Rembug Paguyuban (Pembahasan Solusi Pakan)

Senin, 14 Oktober 2013

Senin malam selasa saat itu bertepatan dengan suasana takbir menyambut hari raya Idul Adha di salah satu rumah kawan sangkuriang yakni Bpk. Kasman RT 02 RW 01 berkumpullah para pemuda dan kaum tua. Sekitar 16 orang yang hadir dalam perkumpulan tersebut seperti biasanya acara bulanan “Urun Rembug” Paguyuban lele Sangkuriang Regaz Ngambon. Suasana haru dan senang menyelimuti seraya berkumandang takbir dan canda tawa antar kawan-kawan sangkuriang. Waktu menunjukkan pukul 19.30 dan acara pun dimulai yang diawali pembacaan susunan acara dilanjutkan sambutan ketua Paguyuban Sdr. Achmad Aliffudin serta dilanjutkan sesi tanya jawab antar anggota paguyuban. Sesi ini yang paling ditunggu, mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan semua anggota paguyuban bebas mengeluar pendapat dan saling memberi masukan tentang kemajuan peternak lele sangkuriang. Ada yang menanyakan harga pakan yang semakin naik dan bagaimana solusinya, ada yang memberi wacana untuk evaluasi 1 tahun berdirinya paguyuban dengan keadaan usaha yang dibangun di ternak lele sangkuriang ini, serta banyak lagi usul lainnya.
Seperti biasa narasumber kita Sdr. HeriSetyawan dan Sdr. Achmad Yuswantoro yang akan menjadi sorotan utama selain itu Sdr. Didik Setiawan yang menjadi notulis untuk menyimpulakan hasil dari Urun Rembug tersebut. Urun Rembug biasa dilaksanakan pada pertengahan bulan setiap sebulan sekali, dan dilakasanakan di tiap rumah anggota paguyuban dengan sistem bergantian setiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk merekatkan tali silaturrahim serta kerukunan tanpa membedakan status sosial karena kita mempunyai tujuan yang sama dan maju bersama untuk jangka panjang kedepannya. Kebiasaaan acara ini selain ngumpul juga absensi serta iuran sukarela untuk mengisi kas paguyuban. Yang mana nantinya uang kas tersebut digunakan untuk berbagai keperluan selain melengkapi anggota paguyuban yang memang memerlukan juga digunakan untuk kegiatan bakti sosial dll yang penting positif.
Ditemani segelas teh dan gorengan hangat yang senantiasa mencairkan suasana menjadi tambah lebih sayuk sehingga Urun Rembug kali ini menghasilkan beberapa kesepakatan penting, antara lain :
1.     Altertnatif pakan tambahan untuk mengimbangi harga pakan yang selalu naik dengan mengirim salah seorang anggota paguyuban belajar pakan alternatif dengan ansumsi kebutuhan gizi memadai di pakan tersebut.
2.     Pembelian alat sedot yang akan digunakan untuk kebutuhan para peternak paguyuban.
3.     Pembentukan arisan kecil-kecilan yang mana hasil arisan 10% dimasukkan kas paguyuban lele untuk keejahteraan anggota.
4.     Penambahan armada dari marketing yang mana mengingat jumlah kolam antar paguyuban terus bertambah.
5.     Pemenuhan kuota ikan lele sangkuriang konsumsi pasar sekitar kecamatan Ngambon.
6.     Kerjasama dengan SMK Negeri Ngambon pembinaan Kewirausahaan dunia ternak supaya siswa mandiri dengan modal pinjaman dengan pengembalian angsuran setelah panen.


Itulah sekilas dari acara Urun Rembug pada bulan Oktober tahun 2013 ini, semoga selalu bermanfaat bagi kawan sangkuriang dengan adanya informasi seperti ini. Salam Kawan Sangkuriang !!

4 komentar:

  1. Mas Didik, kalau mau kontak ke siapa untuk komunikasi dengan paguyuban, mohon informasi Nama ketua, Alamat dan nomor Telpon.
    mohon dapat di email ke setyawan.roses @danamon.co.id

    BalasHapus
  2. permisi pak didi,
    kami produsen pakan apung untuk lele mau menawarkan pakan apung ursal premium dg kandungan protein -+30%, ukuran pelet 2mm setara 781-1. harga 6900/ kg. min 500 kg. pak agus lamongan 087752261443

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ! pak akan kami diskusikan dulu dengan anggota paguyuban kami, tapi kalau bapak ingin menghubungi ketua paguyuban kami ini pak nomernya : 085706720816

      Hapus

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com