:::: SELAMAT DATANG DI BLOG KAK DIDIK SETIAWAN ::::

Edukasi Kewirausahaan Lele Sangkuriang

Kamis, 17 Oktober 2013

Kunjungan ke Kolam Pembibitan
Siang itu sekitar pukul 11.00 WIB, tampak 4 orang yang satu berbaju dinas, satunya berbaju biasa dan yang dua berseragram siswa SMK Negeri Ngambon datang mengunjungi rumah Mas Heri Setiawan untuk meninjau dan study tentang Lele Sangkuriang. Kenapa kok bisa begitu ? Ternyata dari pihak Sekolah telah mengadakan rapat iternal yang mana pengalokasian dana kewirausahaan yang diperuntukkan untuk siswa kelas XII dengan sistem pinjaman itu melirik dunia usaha lele. Wahyu Andreansyah (siswa kelas XII TKJ 3) dan M. Wahyu Nurhadi (siswa XII TKJ 2) telah ditunjuk sebagai siswa yang berhak mendapat dana pinjaman kewirausahan yang telah dipersyaratkan. Yang telah diajukan oleh Sdr. Didik Setiawan sebagai pendamping lapangan dan juga peternak lele sangkuriang. Serta Pembina dari SMK Negeri Ngambon yaitu Bapak Tari yang telah mendapat tugas dari Kepala SMK Negeri Ngambon yaitu Bapak Sugiyo, S.Pd. MM.


Study Tentang seputar benih
Siswa SMK tersebut serta Pembinanya Pak Tari sangat antusias memperhatikan dan meninjau tentang indukan dan pembibitan serta didampingi pemiliknya mas Heri. Merekapun saling tanya jawab, tentang bagaimana awal mula usaha ini dimulai dan lain sebagainya. Sampai terpesonanya dengan kreatifitas anak Muda Regaz RT 02 RW 01 Desa Ngambon Kecamatan Ngambon Kabupaten Bojonegoro itu acungan Dua Jempol pun ditujukan Pak tari kepada Mas Hery atas hasil usahanya tersebut. Mengapa demikian ? Bukan karena kolam banyak ataupun yang lainnya yang perlu digaris bawahi adalah perjalanan ataupun proses merajut usaha ini yang sederhana tapi luar biasa. “Bahwasanya bisa ditarik kesimpulan tidak ada ruginya beternak lele untuk melatih jiwa Kewirausahaan seorang siswa yang penting niat, fokus dan optimis, kata Mas Heri.”

Pembelajaran Konsumsi Lele Sangkuriang
Setelah bincang selesaipun kami (Didik Setiawan) pun ajak meninjau lokasi rumah Andre dan Wahyu, serta terakhir istirahat dirumah Sdr, Didik Setiawan. Mereka pun melihat banyak kolam berjajar disamping rumah dan didepan rumah berseberang jalan berderet kolam lele dengan media terpal yang awalnya Cuma 2 kolam kini bisa mencapai 16 kolam. Komitmen kami dari paguyuban selalu membuka lebar yang mau belajar beternak lele Sangkuriang, serta telah sepakat membantu siswa SMK tersebut untuk maju di kewirausahaan bersama anggota paguyuban lainnya. “Orang berwirausaha itu bukan Cuma punya modal besar langsung bisa sukses gitu ? ternyata salah modal besar tidak menjamin semua itu tapi yang paling penting pembelajaran dari proses kita beternak, sayang kepada ternak kita dan yang utama manajemen yang bagus membuat usaha ini bisa berkembang pesat, dan jangan lupa lagi sedekah, kata Sdr. Didik .”

Menikmati Olahan Lele Sangkuriang
Dan akhirnya karena penasaran dengan rasa lele sangkuriang itu pun siswa SMK dan Guru pembina di jamu untuk menikmati sambal penyet lele sangkuriang yang langsung mancing di kolam Sdr. Didik. Semoga kerja sama untuk mendidik Siswa SMK Negeri Ngambon dalam menggeluti dunia usaha lele bermanfaat dan penuh berkah. Kita melihat orang bukan saat ini (suksesnya) namun alangkah baiknya lihatlah ketekunan dan proses untuk meraih sukses tersebut. Salam Kawan Sangkuriang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com